Contoh Paragraph dengan Kalimat Utama

Contoh-contoh Paragraf yang Memiliki Kalimat Utama

1.      Salah satu media penularan AIDS adalah melalui jarum suntik. Penularan HIV melalui jarum suntik yang tidak bersih atau dipakai bergantian di Indonesia meningkat sepuluh kali lipat dibandingkan tahun 1996. Contohnya , di Kelurahan Kampung Bali, Jakarta Pusat, dideteksi delapan persen warganya pengguna narkoba. Dari 142 orang yang telah dites ternyata 9 persen sudah terinfeksi HIV. Mereka umumnya menggunakan jarum suntik bersama-sama.

2.      Aktivitas menulis sering kali dikaitkan dengan bakat seseorang. Padahal, tidak selamanya bakat dapat membuat aktivitas tulis-menulis menjadi selancar dan semudah yang kita bayangkan. Para pakar banyak yang berpendapat bahwa menulis merupakan pelajaran dasar yang sudah kita dapatkan semenjak duduk di bangku sekolah dasar, bahkan di taman kanan-kanak. Namun, ketika kita hendak menuangkan  ide-ide kita dalam bentuk tulisan, sesuatu yang bernama bakat sering dijadikan alasan kegagalan.

3.      Banyak koruptor yang melakukan korupsi secara terang-terangan. Hal seperti ini biasanya dilakukan pada level bawah. Ada yang melakukannya dengan diperantarai oleh seorang penghubung atau calo. Ada juga pejabat yang melakukan korupsi dengan memanipulasi laporan penggunaan keuangan negara. Ada yang melakukannya dengan melobi relasinya di luar jam kerja. Banyak sekali tatacara korupsi di negeri ini.

4.      Ada beberapa cara meningkatkan kreativitas anak. Pertama, percaya pada kemampuan anak.Kedua, beri dukungan penuh pada anak untuk hal yang baik. Ketiga,sediakan fasilitas yang dapat mengasah kreativitas, dan yang keempat ajak anak untuk merasakan hal yang baru.

5.      Untuk membuktikan sebuah kalimat tergolong fakta atau pendapat, ternyata belumlah cukup  jika hanya berpedoman pada definisinya saja. Hal ini disebabkan karena kita sering mengalami kesulitan untuk membuktikan kebenaran kalimat   fakta. Selain itu, sering kali kalimat pendapat itu sulit dibantah.

6.      Para pelancong zaman dahulu harus membawa atau menarik barang-barang mereka. Pada zaman berikutnya, mereka melatih hewan untuk membawa  muatan dan menarik kereta luncur. Sekitar tahun 3500 SM, orang Sumeria mulai menggunakan kereta beroda. Sejak saat itu orang bepergian menggunakan berbagai jenis kereta yang ditarik oleh hewan, khususnya kuda. Baru setelah penemuan mobil, konstruksi jalan raya untuk kendaraan bermotor tersebar di banyak negara. Peradaban transportasi selalu mengalami peningkatan dari zaman ke zaman.

7.      Ratusan ribu buruh dari berbagai organisasi pekerja di Perancis melakukan mogok kerja. Mereka berasal dari aliran moderat dan aliran radikal. Meski Perancis tidak terhantam resesi seberat negara tetangganya seperti Yunani, Spanyol dan Inggris, namun angka pengangguran meningkat drastis. Banyak pabrik yang terpaksa tutup karena buruhnya mogok kerja. Begitu juga biro-biro jasa. Perancis lumpuh akibat aksi buruh.

8.      Orang-orang yang menjadi tim sukses pasangan tertentu mendatangi penduduk untuk mempengaruhi suara  mereka. Para penduduk diberi iming-iming agar tertarik pada pasangan tertentu. Ada juga yang langsung menawarkan harga suara penduduk. Ada yang mengambil hati warga dengan memberikan soufenir atau membangun fasilitas tertentu pada suatu daerah. Ada pasangan yang melakukan serangan fajar menjelang pemilihan kepala daerah. Berbagai cara baik yang halal maupun yang tidak halal dilakukan orang untuk memenangkan Pilkada.

9.       Pensiun berarti tidak bekerja, tetapi mendapat gaji. Dengan tidak berdinas lagi, berarti mereka sudah tidak memiliki beban pikiran terhadap pekerjaan dan banyak waktu  luang untuk bersantai. Kalau waktu luang itu dapat dimanfaatkan dengan berbagai kegiatan yang positif, tentu orang tidak akan terkena stress. Orang yang akan pensiun tidak perlu stress.

10.  Buku karya Benazir Imam setebal 150 halaman ini memang sangat cocok untuk dibaca dan dimiliki para pasangan muda yang akan membangun sebuah rumah. Di dalamnya bisa kita lihat gambar contoh-contoh rumah disertai kalkulasi dana yang diperlukan. Satu hal yang kurang adalah warna contoh-contoh rumah kelihatan kurang menarik. Namun, sekali lagi buku ini sangat bermanfaat untuk dimiliki  terutama keluarga yang awam tentang pembangunan sebuah tempat tinggal.

11.  Kenaikan harga pangan terjadi merata secara internasional. Hal itu diperkirakan akan berlangsung permanen. Penyebabnya adalah pertumbuhan penduduk yang begitu cepat tidak dibarengi dengan peningkatan suplai . Untuk memacu suplai, Indonesia butuh waktu 10-15 tahun. 

12.  Kita tidak boleh salah mengurutkan orang-orang yang disapa. Urutannya harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kesalahan dalam mengucapkan sapaan penghormatan dapat mengakibatkan pendengar tersinggung atau kurang simpati kepada pembicara. Selain urutannya harus tepat, pengucapannya pun harus jelas. Sapaan penghormatan merupakan hal yang penting dalam pembukaan pidato.

13.  Sejak tahun seribu sembilan ratus delapan puluhan, telah hampir  semua sekolah menengah di Negara Inggris menggunakan komputer sebagai sarana pembelajaran. Para guru di kelas menggunakan komputer sebagai papan tulis elektronika. Mereka mendapat kemudahan untuk membuat garis, membuat diagram, menggambarkan pembelahan sel, memaparkan contoh-contoh karya tulis, merekam materi penting yang dapat disajikan kembali di rumah siswa, dan sebagainya. Hal tersebut mengakibatkan pendidikan di Negara Inggris  menjadi lebih maju.

14.   Indonesia terus berusaha mengembangkan sayapnya di bidang industri. Berbagai jenis industri bermunculan di Indonesia bagai jamur di musim hujan. Untuk meningkatkat pengembangan itu, Indonesia berusaha menjalin kerja sama dengan Negara-negara lain. Oleh sebab itu,bermunculanlah investor-investor asing di Indonesia.

15.  Pada tahun 2002, nilai Penanaman Modal Asing (PMA)  di Jawa Tengah merosot hingga 15 persen dari tahurn sebelumnya. Di tahun 2003 nilai PMA kembali mengalami penurunan sebanyak Rp. 181,9 miliar atau sekitar 21 persen. Penurunan ini terjadi karena belum pulihnya kondisi perekonomian makro Jawa Tengah pascakrisis ekonomi. Dapat dikatakan bahwa nilai investasi dalam bentuk PMA di Jawa Tengah  tiga tahun terakhir ini terus mengalami penurunan.

16.  Salah satu kebutuhan pokok petani untuk meningkatkan kualitas tanaman adalah pupuk. Pupuk merupakan nutrisi bagi tanaman. Pemberian pupuk yang cocok dan teratur dapat meningkatkan kualitas produksi tanaman. Hal ini tentu menguntungkan bagi petani.

17.  Teknologi ANC membuktikan, apabila dua sumber bising berbunyi bersamaaan dengan teknologi tertentu dapat menghasilkan suara lebih banyak jika dibandingkan dengan hanya satu sumber yang berbunyi. Teknologi ini dapat menurunkan bising berkisar 10 sampai 15 desibel(db). Teknologi ini digunakan oleh pabrik mobil sedan mewah, yaitu Nissan. Namun, komponen-komponen ANC masih tergolong mahal.

18.  Nenek moyang kita telah membuat pahatan-pahatan sejak masa sebelum Masehi. Berbagai hasil karya pahat nenek moyang kita tersebar di seantero nusantara. Salah satunya adalah Candi Borobudur. Pada dindingnya terdapat pahatan yang indah. Seni pahat memang telah lama kita kenal.

0 comments: